WASPADA JIKA MENGALAMI GATAL DIBAGIAN PAHA

Ada waktunya dimana akan merasa gatal dibagian kulit tertentu. Entah itu di tangan, di kaki, bahkan di paha sekalipun. Tapi terkadang kita suka malu jika harus menggaruk paha apalagi sedang di tempat umum. Belum lagi jika sedang memakai celana jeans, mau menggaruk sekuat tenaga pun terkadang gak kerasa.

Kadang suka mikir juga, emang bisa ya nyamuk nyedot darah lewat kain yang tebal? terus kira-kira apa ya yang menyebabkan gatal di paha? ternyata ada beberapa faktor yang bisa bikin gatal pada paha, hmm apa aja ya?

Faktor Gatal Pada Paha

1.Luka

Luka ini biasanya disebabkan karena gesekan antara kulit dan bahan yang kasar sehingga bisa menyebabkan lecet. Pemakaian celana yang terlalu ketat bisa menjadi salah satu faktor penyebab lecet, makanya sering kali akan terasa gatal yang tak tertahankan. Untuk mengurangi gatal seperti ini kamu bisa memberinya petroleum jelly dengan cara di oleskan dibagian yang gatal.

2.Biang Keringat

Biang keringat bisa muncul ketika seseorang mengalami keringat yang berlebihan, akibatnya saluran kelenjar tersumbat sehingga bisa menimbulkan gatal. Gak hanya muncul di bagian paha saja, biang keringatpun bisa muncul di daerah ketika, leher atau bagian lainnya yang bisa berpotensi mengeluarkan keringat. Untuk mengurangi gatal, biasanya bisa dibalur dengan bedak tabur bayi.

3.Kulit Kering

Kulit yang kering bisa membuat tekstur menjadi kasar bahkan menimbulkan rasa gatal. Kulit kering ini bisa disebabkan karena cuaca yang dingin dan karena faktor usia. Kekurangan air putih juga bisa menyebabkan kulit kering, untuk mengatasinya kamu bisa oleskan moisturizer agar kulit tetap lembab dan hindari penggunaan air panas saat mandi.

4.Jamur

Jamur akan tumbuh pada tempat yang cenderung lebih lembab dan bagian yang berpotensi mengakibatkan keringat. Dengan adanya jamur bisa menimbulkan infeksi hingga gatal bahkan jika kita terus menggaruknya akan menyebar ke bagian paha lainnya. Infeksi jamur ini bisa disebabkan oleh handuk yang terlalu lama dipakai, atau pakaian yang sudah terkena keringat sebelumnya.

5.Eksim

Eksim bisa menimbulkan kulit yang kering berserta kemerahan. Walaupun bisa muncul dimanapun, salah satunya eksim bisa timbul id bagian paha. Pemicunya bisa karena alergi, dengan begitu bisa menyebabkan gatal.

6.Pityriasis Rosea

Faktor yang bisa membuat paha gatal salah satunya adalah Pityriasis Rosea. Belum jelas kenapa ini bisa terjadi, tapi banyak yang mengatakan bahwa pemicunya adalah virus. Bila gatal disebabkan oleh Pityriasis ini bisa mencapai 2 bulan, gejala yang muncul pun mulai dari kelelahan hingga sakit kepala.

7.Swimmer’s Itch

Faktor lainnya bisa disebabkan oleh parasite yang berada di kolam renang. Walaupun kondisi ini akan hilang dengan cepat, tapi 12 jam kemudian akan memerah dan minumbulkan gatal. Untuk obatnya kamu bisa oleskan krim kortikosteroid.

8.PUPPP

PUPPP merupakan Prutici Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy yaitu gatal saat kehamilan. Kondisi ini akan dirasakan oleh calon ibu saat masuk trimester ketiga, tapi tak jarang ada juga yang yang mengalami setelah melahirkan. PUPPP juga bisa berakibat menjadi Stretch Mark dan gatal menjadi lebih meluas. Krim kortikosteroid juga bisa membantu untuk mengurangi gatal.

9.Meralgia Paresthetica

Yang terakhir penyebab gatal di paha yaitu meralgia paresthetica. Kondisi seperti ini akan menimbulkan sensasi gatal, terbakar hingga bisa mati rasa. Tekanan saraf berlebih pada bagian paha bisa mengakibatkan meralgia paraesthetica, pemicunya bisa karena penggunaan celana yang terlalu ketat dan naiknya berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *