HARI KESEHATAN MENTAL SEDUNIA DAN KENALI APA SAJA GANGGUAN YANG MENGANCAM

World Mental Health Day atau hari kesehatan mental sedunia diperingati pada setiap tahunnya yaitu tanggal 10 Oktober.

Hari kesehatan mental sedunia ini pertama kali diperingari pada 10 Oktober 1992. Perigatan hari tersebut secara umum ditujukan untuk mengampanyekan advokasi kesehatan mental dan mendidik masyarakat secara langsung mengenai isu yang berkaitan dengan kesehatan mental atau kesehatan jiwa.

Karena saat ini masih banyak masyarakat yang tidak peduli tentang malasah ini dan belum banyak perhatian soal kesehatan jiwa.

Pada dasarnya kesehatan mental ini sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Apabila seseorang mengalami kesehatan mental dan tidak ditangani secara cepat, gangguan kejiwaan ini akan mengancam hidup seseorang.

Biasanya Hari Kesehatan Mental Dunia tidak hanya diperingati selama selama satu hari, namun ada beberapa kegiatan yang digelar sebagai upaya edukasi jangka panjang kepada masyarakat tentang betapa pentingnya kesehatan mental saat ini.

Apa Saja Jenis Gangguan Mental?

Dilansir oleh data WHO, ternyata setiap 40 detik sekali terjadi bunuh diri di seluruh dunia.

Maka melalui Hari Kesehatan Mental Sedunia ini untuk mengingatkan kita bahwa mengakhiri hidup bisa terjadi dengan siapapun dan tidak mengenal latar belakang sosial ataupun kelompok usia dengan cara apapun.

Karena banyak stigma masyarakat yang salah tentang pelaku bunuh diri, padahal orang-orang yang sedang berjuang harus tau bahwa mereka tidak sendiri.

Kalian sudah tau belum apa saja sih gangguan kepribadian yang bisa mengancam kesahatan mental kamu?

1.Depresi

Gangguan ini akan mengancam seseorang dengan perasaan sedih yang berlebih. Depresi juga akan memengaruhi seseorang dalam berfikir dan berperilaku karena selalu ada masalah emosional

2.Bipolar

Kondisi ini membuat seseorang mengalami perubahan suasana hari secara fluktuatif dan drastic. Perubahaan emosi ini dapat berubah dalam hitungan menit misalnya yang awalnya merasa sangat bahagia tapi beberapa waktu kemudian langsung menjadi sedih.

3.Anankastic

Penyakit ini merupakan kondisi diaman seseorang teliti secara berlebihan terhadap rinicia, aturan, daftar, organisasi, urutan atau jadwal. Kalau seseorang mengidap anankastic artinya dia termasuk orang yang berkategori sebagai perfeksionis ekstrem.

4.Avoidant (mendhindar)

Seseorang yang percaya bahwa dirinya tidak kompeten, tidak menarik, inferior dan terus-menerus takut di permalukan, dikritik atau di tolak.

5.Depeden

Gangguan ini menyerang seseorang dan menjadi kurang percaya diri serta butuh banyak bantuan dlam membuat keputusan sehari-hari dan menyerahkan keputusan hidup yang penting kedapa orang lain.

6.Paranoid

Seseorang akan merasa selalu curiga dan tidak percaya pada orang lain, bahkan orang terdekatnya sekalipun.

7.Schizoid

Gangguan ini akan berakibat sesorang menjadi suka menendiri, tidak mau berhhubungan sosial dan seksual sekalipun. Ia tidak akan peduli pada orang lain dan tidak memiliki respon emosional.

8.Skizotipal

Orang dengan gangguan kepribadian jenis ini takut pada interaksi sosial dan menggap orang lain berbahaya baginya.

9.Antisosial

Gangguan ini sering kali mengabaikan peraturan dan kewajiban sosial, mudah tersinggu, agresif, bertindak implusif dan tidak memiliki rasa bersalah.

10.Ambang (Borderline)

Gangguan ini akan membuat emosi seseorang tidak stabil, mudah murah, sering mengalami perasaan hampa, impulsif, sika menyakiti diri sendiri dan resiko untuk bunuh dirina sangat tinggi.

11.Histrionic

seseorang tak memiliki rasa harga diri, sering menarik perhatian dan mendramatisasi atau memainkan peran agar didengar dan di lihat.

12.Narsistik

Memiliki perasaan ekstrem mengenai kepentingan diri sendri, tidak memiliki empati, serta siap berbohong dan mengesksploitasi orang lain demi mencapai tujuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *