KENALI YUK ADA APA SAJA GANGGUAN KEPRIBADIAN

Tanpa kita sadari kepribadian seseorang akan terbentuk oleh emosi, pikiran, perilaku dan perasaan. Jika kamu merasa ada yang aneh dengan dirimu misalnya seperti ada hal-hal yang menyimpang dari perilaku sehari-hari, atau melakukan diluar kontrol diri mungkin itu ada gangguan kepribadian.

Nah dengan kamu mengenal apa saja gangguan-gangguan kepribadian, semoga kamu bisa awar dengan gejala-gejala seperti dibawah ini dan setidaknya kamu tau apa yang harus dilakukan kalau misalnya anggota keluarga, teman atau bahkan diri sendiri mengalami kondisi seperti ini..

GANGGUAN KEPRIBADIAN

1.Skizopital

Jika seseorang selalu negative thinking kepada orang lain atau sering curiga, itu menandakan bahwa orang tersebut memeiliki gangguan Skizotipal. Bahkan ia bisa berpikir bahwa orang lain itu berbahaya bagi dirinya, ia pun susah untuk percaya sama orang dan untuk interaksi dengan orang lain pun pasti takut. Orang yang mengalami gangguan seperti ini sering merasa cemas setiap saat sehingga susah untuk membuat hubungan yang baik dengan orang lain.

Tak hanya itu saja, pemikiran mereka pun terkadang sangat jauh, misalnya mereka percaya dengan hal-hal yang dilaur nalar seperti gaib. Gangguan ini bisa dipicu oleh beberapa faktor misalnya trauma akan masa lalu, pernah dilecehkan, atau mungkin sudah sifat bawaannya. Jika kamu atau circle kamu sedang berada pada kondisi seperti ini lebih baik langsung konsultasikan ke dokter, karena kalau dibiarkan begitu saja akan membuat kejiwaanmu menurun. Biasanya dokter pun akan menyarankan kamu untuk minum obat untuk mengontrol pikiran dan prilaku penderitanya.

2.Antisosial

Buat kamu yang berpikir bahwa antisosial sama aja dengan introvert, itu salah besar ya guys karena memang keduanya memang beda. Antisosial biasanya dianggap manipulatif dan lebih sering berbohong sehingga orang lain pun susah untuk membedakan mana yang bohong mana yang jujur. Antisosial ini gak bisa didiamkan secara terus-menerus karena bisa menjadi gangguan psikopatik dan sosiopatik. Gangguan psikopatik adalah seseorang yang gak punya hati Nurani, sedangkan sosiopatik memiliki hati namun ada kerusakan tapi gak separah seperti psikopatik.

Penderita gangguan ini biasanya gak butuh orang lain, cenderung bisa menghandle masalahnya sendiri. Kamu pun bisa ajak bicara dengan baik tanpa ada paksaan, tapi kalo orang itu tetap pada pendiriannya lebih baik dibawa dokter.

3.Ambang

Penderita gangguan ambang ini memiliki emosi yang cenderung gak stabil sehingga akan berperngaruh terhadap perasaannya, bahkan bisa menjadi stress dan depresi. Penderita ambang ini sering kali menyakiti dirinya secara gak sadar. Mereka akan merasa dirinya gak berharga untuk orang lain. Otaknya pun gak bisa mengontrol perilaku apa yang bakal dilakukan, karena memang perilakunya tersebut muncul dari hati yang sangat tiba-tiba. Selain itu mereka juga gampang banget mood swing hingga bisa melukai dirinya sendiri bahkan orang lain. Terkadang mereka pun punya pemikiran untuk bunuh diri.

Penderita ambang ini memang lebih baik segera di bawa ke dokter agar mereka lebih tau apa diagnose sebenernya. Penyakit seperti ini juga harus melewati proses penyembuhan secara total agar bisa mengontrol perasaan dan prilaku yang diluar nalar.

4.Dependen

Jika kamu pernah mengalami atau sering merasa cemas saat gak ada yang memberimu perhatian atau diabaikan oleh lain, atau bahkan selalu bergantung dengan orang lain, bisa jadi kamu mengalami gangguan dependen ini. Gangguan ini memang cenderung gak percaya dengan diri sendiri dan selalu berperilaku pasif, hal ini mungkin dipicu karena depresi dan fobia akan suatu hal.

Walaupun belum ada sebab pasti, namun gangguan ini juga bisa dikarenakan oleh faktor genetik dan faktor lingkungan yang bisa mengbah pola pikirnya. Penderita dependen juga lebih baik melakukan terapi jangka pendek atau bisa juga dengan terapi bicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *