MAKANAN YANG COCOK PADA SAAT DIARE

Hampir semua orang pasti merasakan sakit perut dikarenakan makan pedas tau hal-hal lainnya yang bisa bikin sakit perut. Nah paling gak enak itu bila sakit perut yang terus-terusan sehingga harus bolak balik ke kamar mandi. Hal tersebut biasanya bisa dikatakan sebagai diare kalau sudah lebih dari 3 kali.

Penderita diare pun bisa dihitung dalam setahun, walaupun gak terlalu sering tapi pastinya akan terjadi dalam setahun. Penyakit yang satu ini bukan termasuk penyakit yang parah karena jika terjadi pun itu gak akan lebih dari 3 hari. Mungkin di hari pertama, aktivitas kamu bakalan terganggu karena pastinya bakal balik ke belakang. Nah dihari kedua, intensitas ke kemar mandi akan berkurang malah bisa gak kambuh sama sekali.

Tapi kamu jangan khawatir, selain ada obat yang bisa kamu konsumsi, ada beberapa makanan yang cocok untuk di konsumsi untuk mengurangi masalah diare. Walaupun kalau sedang diare pasti nafsu makan bisa hilang. Ohiya ada juga beberapa makanan yang bisa memperparah diare, jadi lebih baik kamu harus tau dulu apakah makanan tersebut bakal cocok atau engga. Yuk disimak dulu!

Makanan Saat Diare

1.Sayuran matang

Sayuran merupakan makanan yang baik bagi penderita diare, namun sayur yang harus di konsumsi ini harus yang matang karena jika mentah pastinya susah untuk dicerna. Dengan begitu kamu harus memasaknya hingga matang dan hindari sayuran seperti brokoli, paprika, sayuran hijau, kacang dan jagung. Karena sayuran-sayuran tersebut banyak mengandung gas sehingga bisa membuat kondisi semakin parah.

2.Oatmeal

Oatmeal salah makanan yang banyak mengandung serat sehingga bisa membantu untuk memberhentikan diare. Serat yang bekerjanya bisa menarik air sehingga membentuk gel. Jadi dengan begitulah oatmeal bisa memperlambat pencernaan dan bisa membuat feses menjadi keras. Kalau bisa pun, saat mengonsumsi oatmeal jangan ditambahkan dengan bahan-bahan lainnya seperti madu atau susu.

3.Pisang

Pisang salah satu buah yang gampang dicerna sehingga bisa membantu dalam gangguan pencernaan. Pisang juga mengandung banyak kalium yang diklaim bisa menggantikan elektrolit dalam perut. Selain itu pisang juga bisa mengandung serat larut yang bisa menyerap cairan di usus, sehingga bisa menghentikan diare.

4.Madu

Kamu bisa mengonsumsi madu saat diare dengan cara mencampurkannya dengan air hangat. Cara seperti itu sangat efektif untuk mengembalikan cairan yang hilang. Karena kalau diare, lambung terasa kosong dan bisa membuat perih, madu ini bisa meredakan perih di lambung dan bisa mengembalikan energi hilang juga bisa membuat tubuh menjadi lebih terhidrasi

5.Nasi

Nasi mengandung serat yang rendah dan sangat mudah di cerna. Hal ini berarti akan membantu feses menjadi lebih padat dan keras. Nasi ini sangat aman jika di konsumsi, karena seratnya rendah jadi bisa menghambat pencernaan yang terlalu cepat.

6.Air putih

Diare terkadang bisa bikin lemas penderitanya, karena bisa sesering itu ke kamar mandi, diare juga bisa membuat penderita jadi dehidrasi karena banyaknya cairan yang keluar. Selain bisa dibantu dengan makanan dan obat, penderita juga harus banyak minum air putih agar tubuh pun tidak kekurangan cairan.

7.Sup Kaldu

Makanan yang terakhir buat kamu penderita diare adalah sup kaldu. Karena saat diare elektoril dan cairan mineral banyak yang hilang, dengan sup kaldu ini bisa menggantikan itu semua. Cairan lainnya yang bisa kamu coba yaitu air kelapa atau minuman yang mengandung ion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *