MENGENAL JENIS-JENIS FLU

Flu merupakan suatu penyakit yang mudah terserang pada manusia seluruh dunia termasuk masyarakat Indonesia. Penyakit ini bukan suatu penyakit yang berat namun sering timbul gejala lain yang menyerang seperti sakit kepala, batuk, pilek hingga demam. Flu disebabkan oleh virus sehingga mudah sekali penularannya ke orang lain.

Jika seseorang sedang mengalami flu ringan, mereka cukup istirahat dan dibantu oleh obat untuk beberahap hari kedepan. Karena bukan termasuk penyakit yang serius jadi flu ini mudah sembuhnya. Walaupun gejala-gejala lainnya biasanya baru hilang sekitar seminggu.

Nah sebenernya flu yang terdapat di Indonesia ini tidak cuma yang ringan-ringan aja loh, bahkan ada yang bisa mematikan. Karena flu ini memiliki jenis yang berbeda, sehingga gejala dan penangannya pun berbeda. Tanpa berlama-lama lagi, simak dulu yuk!

1.Flu Tipe A

Jenis flu yang pertama ini biasanya paling sering menyerang manusia dan hewan. Flu tipe A juga ternyata bisa menjadi faktor terjadinya wabah karena sudah dikenal berbahaya. Karena flu yang saru ini sangat berbahaya, jiak seseorang telah mengidap sebaiknya langsung diberikan obat dan periksakan ke dokter.

2.Flu Tipe B

Jenis yang kedua yaitu flu tipe B atau bisa disebut juga flu musiman, bahkan antara tipe a dan tipe b itu sulit dibedakan karena keduanya mirip. Yang sedikit membuat bedanya yaitu flu b hanya menyerang manusia namun tidak akan menjadi wabah.

3.Flu tipe C

Flu yang satu ini dikenal lebih ringan ketimbang tipe a dan b. Flu tipe c ini akan menyerang sistem pernafasan karena gejalanya mirip dengan pilek saja, sehingga penderita biasanya harus menjaga asupan makan dan konsumsi vitamin c.

4.Flu Burung

Flu burung atau disebut juga dengan H5N1 merupakan infeksi virus yang ditularkan dari ungags. Selain H5N1 juga ada virus lainnya yaitu H5N6, H5n8 dan H7N9. Ungags yang bisa menularkanya pun bisa beragam seperti ayam, burung, bebek dan angsa. Dulu di Indonesia pun sempat terserang wabah ini dan sangakt mematikan. Gejala yang muncul bisasanya berpa sakit tenggorokan, sesak napas, hidung tersumbat, demam hingga sakit kepala.

Penularan flu burung ini bisa disebabkan oleh kontak lansung antara manusia dengan ungags yang sudah terinfeksi. Misalnya seperti menyentuh kotoran, mengonsumsi dagingnya, hingga menyentuh langsung unggasnya.

5.Flu Babi

Flu yang satu ini sempat menjadi wabah pandemic di tahun 2009 yang telah menginfeksi puluhan ribu orang di lebih dari 70 negara. Sebenernya awal virus ini terjadi menyerang babi namun ternyata penularannya sangat cepat sehingga bisa menginfeksi manusia. Serangan virus ini biasanya langsung kepada sistem pernafasan dan tidak ada sama sekali kaitannya dengan memakan daging babi.

Penularan flu babi ini hampir sama dengan flu lainnya, hanya saja jika sudah terjadi pandemic makan risiko terserangnya akan semakin meningkat bahkan anak-anak lebih rentang terserang. Seseorang yang sudah terjangkit flu babi ini biasanya bisa muncul komplikasi lainnya seperti gangguan sistem saraf, pneumoni, hingga asma.

6.Flu Singapura

Selanjutnya ada flu Singapura dimana flu ini tidak terlalu mematikan. Flu ini disebabkan oleh coxsackievirus dan enterovirus. Gejala yang muncul memang sedikit beda dengan flu lainnya, dimana seseorang yang terkena virus ini akan demam tinggi, nafsu makan berkurang dan juga telapak tangan dan kaki melepuh.

Itulah 6 jenis flu yang harus kita ketahui, karena gejalanya berbeda maka dari itu kita harus lebih hati-hati ya! Semoga kalian sehat selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *