PENYAKIT YANG RENTAN TERJADI PADA LANSIA

PENYAKIT YANG RENTAN TERJADI PADA LANSIA

Lansia atau lanjut usia pastinya akan dialami oleh setiap orang, jika orang tersebut memiliki umur yang panjang. Tapi siapa sih yang gak ingin memiliki umur yang panjang? Seiring bertambahnya umur pun, kualitas hidup seseorang yang berkurang terutama pada aspek kesehatannya. Lemahnya tubuh dan fungsi organ yang tak bisa bekerja secara sempurna pun pasti akan terjadi, kondisi tersebut bisa disebut sebagai sindrom geriatri.

Sindrom seperti ini memang sering kali merepotkan orang sekitarnya, tapi mau gimana lagi karena ini pasti terjadi dan tak bisa di hindarkan. Penurunan kualitas juga menyebabkan aktivitas mereka menjadi terhambat karena ada beberapa penyakit serius. Untuk lebih jelasnya mari simak informasi dibawah ini.

Penyakit yang Rentan Menyerang Lansia

1.Sulit tidur

Sulit tidur ini memang sering terjadi pada orang-orang yang sudah lanjut usia. Gangguan ini memang tak bisa diobati, namun bisa diatasi dengan cara tidak tidur siang, harus rajin berolahraga at least jalan pagi.

2.Jatuh

Seiring berjalannya waktu, keseimbangan tubuh pada lansia pun akan menurun makanya tak heran jika banyak orang-orang yang sering jatoh misalnya di tangga atau di kamar mandi. Terlepas dari itu, tulang pada orang lansia pun cenderung sudah rapuh sehingga saat terjadi jatuh bisa menyebabkan cedera bahkan hingga patah tulang. Kondisi seperti ini disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya karena obat, atau tidak berhati-hati dalam melihat sekitar dan juga mengalami pusing secara tiba-tiba.

3.Inkontinensia Urine

Penyakit yang sering terjadi selanjutnya yaitu ada inkontinensia urine, dimana membuat seseorang menjadi sering mengompol karena susah untuk menahan buang air kecil. Ada beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya inkontinensia urine yaitu otot panggul yang sudah lemah, sendi yang rapuh sehingga sulit berjalan cepat, otot pada kandung kemih terlalu aktif dan juga sarah yang berada di kandung kemih rusak.

4.Osteoporosis

Osteoporosis juga salah satu penyakit yang sering menyerang lansia. Pengeroposan tulang ini bisa terjadi diatas 65 tahun. Untuk itu biasanya mereka akan mengonsumsi susu yang mengandung kalsium tinggi agar tulangnya tetap kuat. Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan cara berjemur dipagi hari agar mendapatkan vitamin D.

5.Demensia

Demensia atau pikun ini selalu dan pasti terjadi pada setiap lansia. Tak ada spesifik yang khusus pada umur berapa mereka akan mengalami itu, tapi akan selalu ada waktu dimana itu terjadi. Hal yang paling yaitu lupa dan tidak ingat dengan orang-orang disekitarnya seperti anak dan cucu. Tak hanya itu saja, biasanya mereka pun akan lupa dalam menyebutkan sesuatu atau sulit untuk mengutarakan apa yang ingin diutarakan. Pikun ini akan membuat emosionalnya terganggu seperti menjadi sering marah-marah dan juga cenderung sering melamun. Karena pikun inilah membuat mereka kembali seperti anak kecil yang manja, apa-apa selalu harus dibantu.

6.Depresi

Depresi ini memang sering kali terjadi namun tak semua lansia bisa merasakan ini. Berbeda dengan depresinya orang biasanya, biasanya depresi pada orang lanjut usia akan diiringi dengan penyakit lainnya seperti jantung. Kondisi seperti ini juga bisa berisiko terhadap kematian. Penanganan yang bisa dilakukan untuk penderita depresi ini bisa dilakukan dengan psikoterapi ataupun konsumsi obat agar depresinya tidak kambuh.

7.Delirium

Penyakit terakhir ada delirium yang mungkin hampir mirip dengan depresi karena kondisi mentalnya terganggu. Yang membedakannya yaiut delirium ini herus melakukan perawatan di rumah sakit. Mentalnya yang terganggu ini bisa membuat seseorang menjadi panik, halusinasi, yang paling menyeramkannya adalah hingga tak bisa bergerak sama sekali dengan mata yang terbuka. Maka dari itu lansia yang mengidap delirium ini harus melakukan perawatan khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *