PENYEBAB DAN FAKTOR RAHANG MENJADI KAKU

Walaupun bukan hal yang sering terjadi, tapi setiap orang pasti pernah mengalaminya. Rahang kaku, ya terkesan spele tapi kalau dibiarkan bisa sangat mengganggu dan terasa sakit. Bukan karena sakit gigi, tapi rahang biasanya suka tiba-tiba menjadi kaku dan menimbulkan bunyi dan disertai rasa sakit, apalagi saat sedang mengunyah. Bukan hanya sakit gigi yang bisa bikin pusing dan sakit kepala, tapi bila rahangmu terkena gangguan pun sama halnya seperti gigi. Karena dibagian mulut terdapat sarah yang menyambung kebagian kepala dan organ lainnya yang berada dibagian wajah.

Ada beberapa cara yang bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit saat rahang kaku dan menimbulknya bunyi, diantaranya adalah kompres bagian rahang dengan air hangan atau dingin, konsumsi obat pereda nyeri atau obat untuk menenangkan otot

Penyebab Rahang Kaku

Bunyi ini juga biasanya akan terdengar saat kita sengaja menggerakannya dan bisa menjalar kebagian kepala. Kira-kira apa yang menyebabkan rahang bisa menjadi kaku?

1.Sendi Rahang

Jika sendi rahang kamu sedang mengalami gangguan biasanya akan menyebabkan rasa nyeri dan menjadi kaku pada saat membuka mulut. Tanpa disadari, seseorang yang mengalami stress akan menggertakan gigi sehingga otot akan menjadi tegang. Seseorang yang selalu mengepalkan tangannya terlalu berlebihan bisa membuat otot leher menjadi kaku.

2.Tetanus

Hal yang perlu diperhatikan dan diwaspadai saat rahang kaku adalah bisa jadi kamu terkena tetanus. Penyakit ini disebabkan karena infeksi dari bakteri yang bisa menghasilkan racun sehingga rahang menjadi kaku. Parah atau tidaknya tetanus ini bisa dihlihat dari seberapa bisa penderita tersebut membuka mulutnya. Kita tak akan pernah tau apakah pemicu tersebut karena tetanus atau tidak, maka dari itu kalau sudah timbul gejala susah untuk membuka mulut bisa diperiksakan ke dokter.

Tetanus ini memiliki vaksin dalam pengobatannya dan dibagi menjadi 3 jenis karena  dibedakan berdasarkan usia penderita. DTap untuk usia bayi hingga 6 tahun, untuk usia 10 – 12 tahun menggunakan Tdap dan untuk orang dewasa menggunakan Td. Vaksin ini harus dilakukan agar bakteri tak menyerang kembali.

3.Bruxism

Bruxism ini adalah kata yang sering dipakai dalam medis untuk seseorang yang sering menggesekan gigi. Hal ini bisa terjadi saat sedang tertidur dan biasanya tak disadari oleh pelakunya. Jika dibiarkan terus-menerus bisa menyebabkkan rahang jadi berbunyi, efek lainnya pun bisa menyambung ke telinga dan bisa bikin pusing.

4.Radang sendi

Rheumatoid arthritis atau bisa disebut juga dengan radang sendiri merupakan penyakit autoimun yang bisa menyerang sendi dan otot. Penelitian pun mengatakan bahwa penderita radang sendiri ini bisa jadi pemicu terjadinya gangguan atau sakit pada rahang. Itulah yang bisa menyebabkan radang menjadi kaku, apalagi untuk mengunyah atau membuka mulut harus dengan pelan-pelan.

5.Osteoparthritis

Osteoparthritis merupakan peradangan dibagian sendi yang diakibatkan karena ruling rawan yang rusak. Walaupun oesteoparthritis ini jarang terjadi, tapi sekalinya terjadi bisa menyebar kebagian rahang. Gangguan ini juga bisa berujung hilangnya fungsi tulang rahang begitupun dengan sendinya.

6.Mengunyah berlebihan

Alasan mengapa kita kalau makan tidak boleh buru-buru, salah satunya ini. Kita harus bisa berhati-hati dalam mengunyah, jangan sampai berlebihan atau terlalu cepat. Mengunyah makanan yang tak baik bisa membuat rahan seketika kaku dan bunyi apalagi digerakan. Apalagi buat kamu yang sering mengonsumi makanan keras atau sering menggigit makanan. Hal tersebut bisa membuat gigi dan rahang bawah mendapatkan tekanan yang kuat dan membuatnya lebih tegang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *