PENYEBAB SULIT BUANG AIR BESAR

Buang air besar salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh setiap orang. Tapi tak sedikit orang yang selalu memiliki masalah pada sistem pencernaannya seperti kembung, diare atau pun sembelit. Bahkan sembelit ini banyak terjadi pada kaum wanita, kok bisa gitu ya? kira-kira apa yang bisa menyebabkan sulit buang air besar?

Penyebab Sulit Buang Air Besar

1.Kurang asupan air putih

Mulai sekarang perbanyaklah minum air putih jika ingin memiliki pencernaan yang lancar. Air putih sangat baik bagi kesehatan dan juga bisa membantu dalam detoksifikasi tubuh.

2.Liburan

Saat sedang berlibur entah kenapa sering kali tiba-tiba susah untuk buang air besar, malah tidak ada hasrat sama sekali. Karena memang ada orang yang mensugesti bahwa dirinya tak bisa buang air besar selain dirumah. Tapi penyebab liburan ini juga ada alasan yang jelasnya yaitu asupan makanan yang masuk berbeda dari hari-hari biasanya. Belum lagi sering kali ketika liburan sering jajan sembarang atau ada pula yang liburan malah menjalankan diet. Nah perubahan seperti itulah yang bisa berdampak pada sistem pencernaan.

3.Jarang berolahraga

Olahraga gak hanya baik bagi fisik saja, tapi tubuh kita pun menjadi sehat apabila melakukan olahraga. Selain banyak manfaatnya, olahraga berpengaruh besar terhadap organ-organ penting di dalam tubuh dan juga baik bagi sistem pencernaan.

4.Penyakit Kronis

Jika seseorang memiliki penyakit kronis biasanya akan berpengaruh besar terhadap proses pencernaan salah satunya adalah iritasi usus. Ketika hal ini terjadi akan membuat proses pencernaan menjadi tidak lancar karena usus tidak bisa bekerja secara optimal. Dengan begitu, feses yang harusnya dikeluarkan pun jadi tertunda karena ada sistem yang rusak. Periksakan ke dokter jika kamu mengalami sakit dibagian perut dan tak kunjung buang air juga.

5.Stres

Stress bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya banyak pikiran, sedang mengidap suatu penyakit dan banyak hal lainnya. Nah dengan stress inilah yang bisa berpengaruh terhadap buang air besar. Pengaruhnya ini akan membuat BAB tidak teratur, kenapa bisa? Karena stress akan membuat seseorang tak mau makan, sehingga taka da asupan makanan yang masuk. Stress juga bisa memicu seseorang untuk sulit tidur, akhirnya pola hidup pun menjadi berantakan.

6.Menunda BAB

Jika dirasa kamu sakit perut dan ingin buang air besar, jangan sampai kamu menunda itu. Biasanya saat ditunda malah semakin sulit untuk keluar karena yang harusnya sudah keluar malah menjadi masuk kembali. Akhirnya feses pun menjadi menumpuk semakin banyak.

7.Konsumsi obat

Seseorang yang memiliki gangguan kesehatan mental biasanya akan dibantu dengan obat-obatan untuk mengontrol setiap aktivitasnya. Obat-obat yang berhubungan dengan kejiwaan misalnys opioid memiliki efek samping sulit buang air besar.

8.Kelenjar tiroid yang rusak

Jika kelenjar tiroid yang kamu miliki tak bisa berjalan dengan sempurna, kemungkinan besar kamu akan mengalami hypothyroidism. Kelenjar itu memiliki keterkaitan yang besar pada proses metabolisme, salah satunya pada sistem pencernaan. Saat adanya kerusakan pada kelenjar, maka akan menghambat pencernaan dan membuat sulit untuk BAB.

Jadi itulah 8 penyebab mengapa sulit untuk BAB. Secara sederhana sih kita harus mengatur apa saja yang masuk ke dalam tubuh, jangan jajan sembarangan karena malah bisa membuat diare, selalu minum air putih yang banyak dan jangan lupa untuk makan makanan yang berserat. Sulit BAB pun bisa dibantu dengan teh hijau atau dengan teh jati cina untuk melancarkan proses pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *